Segmentasi Pasar
Segmentasi Pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula
berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku
lebih seragam. Atau proses mengelompokan bagian-bagian pasar yang berperilaku
sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam. Secara umum, tujuan
segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter
dan perilaku yang lebih seragam.
Analisis Demografi
Pada suatu
pemasaran produk, analisis demografi harus dilakukan. Hal tersebut berguna
untuk mengetahui trend demografis produk yang dipasarkan. Data dalam demografi
pemasaran dapat terdiri dari usia, ras, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan,
mobilitas, kepemilikan rumah, lokasi, status, pekerjaan, dan tingkat
pendidikan. Jika demografi konsumen telah di lakukan, maka hal selanjutnya yang
harus dilakukan adalah melakukan analisis demografi, agar demografi yang telah
dilakukan dapat kita ketahui hasilnya setelah kita melakukan analisis atas demografi
yang telah kita buat.
1) Segmentasi dan kepuasan
Menurut
Philip Kotler (1997:36) Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa
seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (
hasil) suatu produk dengan harapannya.
Macam-macam atau Jenis kepuasan konsumen terbagi
menjadi 2 :a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan
yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah .
Pengelompokan inilah yang sering kita dengar sebagai segmentasi pelanggan. Segmentasi ini mutlak dilakukan secara bervariasi. Dapat di bagi beberapa segmen berdasarkan :
- letak geografis
- volume pembelian demografis
- produk yang dibeli
- sesuai kebutuhan Anda
Umumnya, tiap segmen adalah unik dan juga memberi kontribusi yang berbeda terhadap organisasi.
2) Segmentasi dan Profitabilitas
Profitabilitas
adalah kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong
pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas
perseroan biasanya dilihat dari laporan laba rugi perseroan (income statement)
yang menunjukkan laporan hasil kinerja perseroan.
Contoh Segmentasi dan Profitabilitas di perusahaan:
Hero Supermarket Tbk
|
|
Hero Supermarket Tbk
Hero
Supermarket is the largest supermarket chain in Indonesia and was first
established on August 23, 1971. Now, Hero Supermarket has grown and is
positioned to serve the middle-upper market. Offering only the best quality
grocery products and fresh foods, not only from local sources but also products
that have been imported from manufacturers around the globe. Hero is the ideal
stop for those with an international taste.
Penggunaan Segmentasi Dalam Strategi Pemasaran
Agar segmentasi pasar dapat bermanfaat maka harus
memenuhi beberapa karakteristik:
·
Measurable
: Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat
diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur.
·
Accessible
: Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani
secara efektif.
·
Substantial
: Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan
untuk dilayani
·
Differentiable
: Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan
memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran
yang berbeda.
·
Actionable
: Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan
melayani segmen-segmen yang bersangkutan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar