Sabtu, 05 Oktober 2013

Tugas Softskill Perilaku Konsumen Minggu 2



Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Atau proses mengelompokan bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam. Secara umum, tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.

Teguh Budiarto, dasar Pemasaran hal 53, Universitas Gunadarma. 1993

Analisis Demografi

Pada suatu pemasaran produk, analisis demografi harus dilakukan. Hal tersebut berguna untuk mengetahui trend demografis produk yang dipasarkan. Data dalam demografi pemasaran dapat terdiri dari usia, ras, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, mobilitas, kepemilikan rumah, lokasi, status, pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Jika demografi konsumen telah di lakukan, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan analisis demografi, agar demografi yang telah dilakukan dapat kita ketahui hasilnya setelah kita melakukan analisis atas demografi yang telah kita buat.

1) Segmentasi dan kepuasan

Menurut Philip Kotler (1997:36) Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.
Macam-macam atau Jenis kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :

a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.


b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan
yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah .

Pengelompokan inilah yang sering kita dengar sebagai segmentasi pelanggan. Segmentasi ini mutlak dilakukan secara bervariasi. Dapat di bagi beberapa segmen berdasarkan :
- letak geografis
- volume pembelian demografis
- produk yang dibeli
- sesuai kebutuhan Anda
Umumnya, tiap segmen adalah unik dan juga memberi kontribusi yang berbeda terhadap organisasi.


2) Segmentasi dan Profitabilitas

Profitabilitas adalah kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari laporan laba rugi perseroan (income statement) yang menunjukkan laporan hasil kinerja perseroan.

http://dimasmandala.wordpress.com/2011/12/01/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi-terhadap-perilaku-konsumen/

Contoh Segmentasi dan Profitabilitas di perusahaan:


Hero Supermarket Tbk

nama
:
Hero Supermarket Tbk

Kode
:
HERO
Alamat Kantor
:
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 177A Kav.64 Jakarta 1287
Alamat Email
:
vivien_goh@hero.co.id
No. Telepon
:
021-8378 8388
Faks
:
021-8317764
NPWP
:
01.308.384.1-091.000
NPKP
:
0
Situs
:
Tanggal IPO
:
02-Des-1989
Papan
:
Utama
Bidang Usaha Utama
:
Perdagangan Eceran Grosir
Sektor
:
TRADE, SERVICES & INVESTMENT
Sub Sektor
:
RETAIL TRADE
Biro Administrasi Efek
:
PT EDI INDONESIA

Hero Supermarket Tbk

Hero Supermarket is the largest supermarket chain in Indonesia and was first established on August 23, 1971. Now, Hero Supermarket has grown and is positioned to serve the middle-upper market. Offering only the best quality grocery products and fresh foods, not only from local sources but also products that have been imported from manufacturers around the globe. Hero is the ideal stop for those with an international taste.


Penggunaan Segmentasi Dalam Strategi Pemasaran

Agar segmentasi pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:

·         Measurable : Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur. 
·         Accessible : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
·         Substantial : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
·         Differentiable : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
·         Actionable : Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar